Memaknai Arti Kehilangan

banner iklan blog
Nuzil Blog Community - Kehilangan dalam bentuk apapun jelas tidak dikehendaki oleh sebagian besar manusia. Kehilangan barang-barang berharga jelas membuat si empunya seperti kerasukan setan. Tapi kita tidak pernah sadar bahwa dibalik kehilangan harta, benda, dan lainnya itu terdapat pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya.  Meskipun demikian, banyak diantara kita yang justru tidak menyadari hikmah tersebut dan lebih memfokuskan diri terhadap sesuatu yang telah menghilang dari kemepilikan kita.
Siapa yang ingin HandPhone kesayangannya hilang ? siapa yang rela jika emas yang dimilikinya lenyap ? dan siapa yang rela jika kendaraan yang mereka miliki diambil paksa oleh orang lain ? tentu keseluruhan pertanyaan ini akan melahirkan satu jawaban yang seragam yakni : TIDAK ADA YANG MENGINGINKANNYA.  Tapi pada kenyataannya kita justru sering kehilangan yang seolah-olah tidak kita sadari bahwa barang tersebut telah berpindah dari genggaman kita sendiri.
Ketika membelanjakan uang untuk membeli sesuatu kita akan kehilangan uang tersebut, tapi kenapa tidak ada yang mempermasalahkannya ? Ketika kita makan makanan yang lezat kita akan kehilangan makan tersebut, tapi kenapa tidak ada yang menyadarinya ? ketika kita menggunakan handphone untuk sms ataupun akses internet kita telah kehilangan pulsa yang kita miliki, tapi kenapa kita tidak pernah mengeluh akan hal tersebut ?. Kita tidak pernah mengeluh akan kehilangan yang kita alami tersebut karena kita mendapatkan imbalan atas rasa kehilangan tersebut sehingga kita tidak merasa kehilangan, hal inilah yang membuat kita memberikan respon yang berbeda dibandingkan dengan pertanyaan yang diajukan sebelumnnya.
Tapi meskipun demikian, pada dasarnya seperti yang telah dibahas di awal tadi bahwa setiap kali kita kehilangan sesuatu kita justru mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Bagaimana bisa ? Ambil contoh ketika kita kehilangan barang berharga karena kecopetan, peristiwa ini justru memberikan kita pelajaran kedepannya untuk lebih berhati-hati agar tidak mengalami hal yang sama dikemudian hari dan kita membayar pelajaran tersebut dengan barang berharga yang kita miliki. Bukankah untuk mendapatkan pelajaran di institusi resmi pun memerlukan biaya ?
Wahai sahabat, sadarilah bahwa dibalik setiap hal yang kalian alami tersebut terdapat hikmahnya tergantung bagaimana kalian melihat hal tersebut. Jika kalian melihatnya dari segi yang berbeda maka kalian akan mendapatkan hasil yang berbeda satu sama lainnya. Jangan pernah mengeluh ketika kehilangan sesuatu karena sesungguhnya setelah kalian merasa kehilangan tersebut kalian akan mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Lihatlah setiap kejadian itu dari segi positifnya agar kita menjadi lebih baik untuk kedepannya.
banner iklan blog
Labels: Opini

Terima kasih telah membaca artikel Memaknai Arti Kehilangan. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Memaknai Arti Kehilangan"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top