Tips Wawancara Kerja

banner iklan blog
Proses wawancara kerja tidak hanya sekadar proses penyaringan karyawan baru, namun lebih kepada penilaian terhadap perilaku sang pelamar pekerjaan itu sendiri. Ketika melakukan wawancara kerja kita harus memperhatikan banyak hal agar kita bisa sukses melewati tahap wawancara tersebut. Untuk bisa sukses dalam wawancara kerja ini di perlukan beberapa tips dan trik ketika menghadapi situasi seperti ini. Apa saja tips dan triknya tersebut ? berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi wawancara kerja
wawancara kerja
1). Hindari Senyum Palsu
Ketika masuk ke dalam ruangan wawancara anda harus percaya diri sambil memberikan senyuman yang tulus, senyuman tulus yang di berikan akan mendapat respon dari pewawancara bahwa anda sangat percaya diri menghadapi sesi wawancara tersebut. Tapi, jangan memaksakan senyuman anda karena jika itu di lakukan anda terkesan seperti orang yang berpura-pura. Selain ini, berikanlah senyuman yang cukup jangan berlebih lebihan karena jika anda keseringan senyum akan memberikan kesan yang lain terhadap calon atasan anda. 

2). Jabat Tangan
Ketika memasuki ruangan sidang dan setelah selesai menjawab semua pertanyaan pada sesi wawancara tersebut, jangan lupa untuk berjabat tangan dengan para penanya. Menjabat tangan dengan erat dan wajar akan menandakan bahwa anda adalah seorang yang memiliki percaya diri yang tinggi. Ketika menjabat tangan setelah selesai sesi wawancaranya selingi juga dengan mengucapkan terima kasih. Jika anda adalah orang yang memiliki masalah telapak tangan yang berkeringat, keringkan lah terlebih dahulu tangan anda tersebut sebelum memasuki ruangan wawancara.

3). Gerakan Dan Posisi Tangan
Gerakan tangan memegang peran penting dalam mengekspresikan bahasa tubuh anda, jadi berhati-hatilah ketika melakukan aktivitas yang tidak perlu ketika menghadapi sebuah sesi wawancara. Melipatkan tangan di depan dada adalah hal yang sangat tidak di anjurkan karena menandakan bahwa anda adalah seseorang yang tertutup, menjaga jarak, bahkan terkesan anda bosan dengan kegiatan tersebut.
Untuk menyiasati agar anda tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak penting dengan tangan ketika melakukan tes wawancara kerja ini ada baiknya anda memposisikan posisi duduk ada dengan terbuka dan yang paling nyaman menurut anda.

4). Kontak Mata dan Posisi Duduk
Melakukan kontak mata dengan para penanya sangat di sarankan, tapi jangan anda melakukannya secara terus menerus karena hal tersebut bisa membuat sang penanya menjadi tidak nyaman. Jika pewawancara anda lebih dari satu, tatap lah mata mereka secara bergantian. Hindarilah tatapan kosong yang membuat para penanya menjadi tidak nyaman.
Untuk posisi duduk sendiri ketika menghadapai sesi wawancara untuk kerja ini, anda jangan duduk terlalu bersandar dengan sandaran kursi ataupun terlalu tegak. Condongkan tubuh anda sedikit kedepan (hanya sedikit kok) ke arah penanya yang mengindikasikan bahwa anda sangat antusias terhadap sesi wawancara ini.

Itu dulu ya tips dan trik wawancara kerja yang bisa saya bagikan kepada anda pengunjung blog ini, semoga tips dan trik yang saya berikan bisa membantu kesuksesan anda dalam menghadapi sebuah wawancara dan semoga sukses untuk menjadi karyawan baru. :))
banner iklan blog
Labels: Interview, Tips

Terima kasih telah membaca artikel Tips Wawancara Kerja. Semoga bermanfaat

6 Comment for "Tips Wawancara Kerja"

sama-sama..semoga sukses ya..

stay cool aja, percaya diri, dan menguasai bahan tentang perusahaan yang kita lamar..

sekali2 bahas tentang psikotest dong gan..........

ok gan..
terima kasih ya usulannya.

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top