Kehidupan Sebagai Mahasiswa Teknik

banner iklan blog
engineering
Trust Me, I'm Engineer
CsN - Fakultas Teknik di setiap universitas baik negeri maupun swasta selalu menjadi fakultas yang di segani. Tidak peduli jurusan nya apa, selagi jurusan tersebut masih berada di lingkup fakultas teknik. Menjadi seorang mahasiswa di fakultas teknik memberikan kebanggaan tersendiri. Lantas bagaimanakah kehidupan sebagai mahasiswa teknik itu sendiri sehingga fakultas tersebut selalu menjadi primadona.
Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa teknik itu ada suka dan dukanya. Suka karena tingkat solidaritas sesama mahasiswa terjalin cukup erat, kepedulian terhadap sesama anggota di jalani seperti sebuah ikatan persaudaraan. Dukanya ya pasti mengenai tugas, praktikum, hingga materi perkuliahan yang selalu membuat waktu istirahat selalu ter-kebiri. Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa teknik itu ibaratkan berpacu dengan waktu. Tidak boleh lengah jika tidak ingin tertinggal, namun juga tidak bisa terlalu fokus jika tidak ingin di kucilkan.
Satu hal yang selalu menjadi monster bagi mahasiswa teknik itu sendiri adalah tingkat senioritas yang tinggi. Kesenioran menjadi sesuatu yang sulit untuk di hindari. Perbedaan senior dan junior terlihat cukup jelas di kehidupan kampus. Memang tidak semua jurusan memiliki keadaan seperti ini, tapi sebagian besar jurusan-nya menampilkan keadaan seperti ini. Memang senioritas diperlukan dalam mendidik para mahasiswa baru, namun jika mahasiswa baru tersebut pada akhirnya menyimpan dendam terhadap senior-nya, sifat senioritas bisa menjadi awal dari munculnya bara dendam di antara sesama almamater.
engineering
Kehidupan sebagai mahasiswa teknik itu tidaklah mudah. Di saat menjalani praktikum waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan kegiatan ini selalu menyita banyak waktu di bandingan kegiatan lainnya. Sebelum praktikum dimulai harus menyertakan laporan pendahuluan yang memang pada setiap praktikum di fakultas mana-pun selalu melakukan hal serupa. Pokok permasalahannya adalah pada saat pelaksanaan praktikum itu sendiri dan pada laporan akhir setelah pelaksanaan praktikum. Pada saat pelaksanaan praktikum tidak jarang di jumpai pelaksanaan yang tidak sesuai jadwal, pengaturan jadwal yang se-kehendak para petugas di lab pun menjadi pemandangan yang lazim. Belum lagi jika membahas mengenai laporan akhirnya, alamak membuat waktu sehari seakan terlalu singkat. Laporan yang diserahkan bahkan bisa menyerupai sebuah skripsi atau-pun tugas akhir, yang ajaib-nya terkadang di kehendaki di tulis tangan !
Meski bagaimanapun kehidupan sebagai mahasiswa teknik itu selalu menjadi dambaan bagi setiap calon mahasiswa baru. Mereka tidak tau atau tidak mau tahu bagaimana kerasnya kehidupan teknik itu, bagi mereka menjadi mahasiswa teknik adalah kebanggaan.
Pada akhirnya lulus dari fakultas teknik itu sendiri memberikan banyak manfaat bagi para lulusan nya. Selain mendapatkan lowongan pekerjaan yang cukup, mereka juga bisa mandiri. Mandiri dalam artian mereka telah diberikan kemampuan untuk membuka lowongan pekerjaan sendiri. Bukan kebanggaan yang diutamakan ketika menjalani kehidupan sebagai mahasiswa teknik, namun ilmu yang di dapat selama menjalani perkuliahan lah yang menjadi harapan bagi setiap mahasiswa-nya.
banner iklan blog
Labels: Opini

Terima kasih telah membaca artikel Kehidupan Sebagai Mahasiswa Teknik. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Kehidupan Sebagai Mahasiswa Teknik"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top