Ad Code

Responsive Advertisement

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja

contoh pertanyaan wawancara kerja
Udah lama gak update nih blog, apalagi informasi mengenai contoh pertanyaan wawancara kerja lagi yang sangat dibutuhkan saat ini. Mengingat beberapa universitas telah me-wisuda para mahasiswa/inya, secara otomatis hal ini juga menyebabkan membanjirnya para pencari kerja. Dengan lowongan kerja yang sedikit dan pelamar yang banyak, mau tidak mau, persaingan yang ketat dan berat harus siap dihadapi. Nah, oleh karena ini, sebelum bertempur, harus disiapkan amunisinya semaksimal mungkin sebelum mengajukan lamaran pekerjaan.
Berhubung Blog Nuzil ngetrend dan terkenal dengan artikel-artikel seputar pertanyaan dan jawaban saat wawancara kerja yang hampir setiap hari mendapatkan pengunjung dengan kata kunci tersebut, maka khusus pada kesempatan kali ini Blog Nuzil akan memberikan informasi baru mengenai tema tersebut. Jangan khawatir, karena di sini, Anda akan mendapatkan informasi apa yang anda cari dan blog ini bukan sekadar mencari pengunjung tanpa menawarkan apa yang Anda butuhkan. Sebelumnya, saya mohon maaf jika Anda harus sedikit membaca panjang lebar di awal sebelum membaca apa yang Anda cari.
Pertanyaan : 
Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini ? Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan in ?

Hal yang di perhatikan sebelum menjawab :
Pewawancara sedang mencoba untuk menentukan apa yang Anda tahu dan suka tentang perusahaan, apakah Anda akan bersedia untuk membuat komitmen untuk pekerjaan, dan jika keterampilan Anda sesuai dengan persyaratan untuk pekerjaan tersebut.

Jawaban yang disarankan :
Penelitian yang Anda lakukan mengenai perusahaan tersebut dan posisi yang Anda lamar tersebut menjadi bantuan besar dalam merumuskan jawaban Anda untuk pertanyaan ini. Mengatakan berbagai hal-hal yang positif mengenai perusahaan misalnya, menunjukkan minat Anda pada produk / jasa yang mereka jual, dan menjelaskan mengapa posisi yang Anda lamar sesuai dengan tujuan karir Anda

Pertanyaan :
Apakah Anda pernah melakukan pekerjaan seperti ini sebelumnya ?

Hal yang di perhatikan sebelum menjawab :
Pewawancara ingin tahu apakah Anda dapat belajar untuk melakukan pekerjaan itu dalam waktu yang wajar dan berapa banyak pelatihan yang Anda butuhkan. Jangan pernah berkata "tidak" untuk pertanyaan ini. Sebaliknya, menekankan pengalaman Anda memiliki yang akan membantu Anda dalam belajar pekerjaan baru dengan cepat dan efisien. Tidak ada dua pekerjaan yang sama dan Anda tidak pernah melakukan hal pekerjaan yang sama. Dalam semua pekerjaan, keterampilan baru, aturan dan rincian harus dipelajari.

Jawaban yang disarankan :
Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan untuk menyebutkan hal-hal berikut berikut :
  • Pengalaman kerja masa lalu Anda.
  • Pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan pekerjaan.
  • Pekerjaan sukarela yang mungkin berhubungan dengan pekerjaan.
  • Keterampilan dipindahtangankan - misalnya keterampilan organisasi
  • Kemampuan Anda untuk belajar dengan cepat dan seberapa cepat Anda belajar bahwa jenis pekerjaan di masa lalu.
Pertanyaan :
Apa jenis pelatihan atau kualifikasi yang Anda miliki?

Hal yang diperhatikan sebelum menjawab :
Pewawancara sedang mencoba untuk mencari tahu apa keahlian (skill) yang Anda miliki. 

Jawaban yang disarankan :
* Jika Anda tidak memiliki kualifikasi sekolah formal namun memiliki banyak pengalaman, Anda mungkin mengatakan:
# Saya tidak mendapatkan pelatihan di sekolah formal untuk pekerjaan ini, tetapi saya memiliki (jumlah) dari tahun pengalaman di lapangan. Aku bersedia untuk belajar keterampilan baru atau pergi ke sekolah untuk mendapatkan pelatihan lebih lanjut jika saya ditawari pekerjaan. Saya belajar dengan cepat dan saya ingin tetap meningkatkan keterampilan saya.

* Jika Anda baru saja menyelesaikan kursus pelatihan tetapi memiliki sedikit pengalaman kerja, Anda mungkin mengatakan:
# Aku mengambil sebuah program pelatihan satu tahun di (nama program) di (nama sekolah) yang terkait dengan pekerjaan saya melamar. Saya berharap untuk bekerja di lapangan dan mempraktekkan apa yang saya pelajari. Saya tidak memiliki banyak pengalaman kerja di daerah ini tapi aku belajar dengan cepat. Saya tahu Anda akan senang dengan pekerjaan saya.

Pertanyaan :
Beri tahu aku tentang dirimu. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Hal yang diperhatikan sebelum menjawab :
Pewawancara sedang mencoba untuk mencari tahu tentang Anda, keterampilan kerja Anda dan seberapa baik Anda mengekspresikan diri. Jangan berkutat pada masalah pribadi. Menyatakan kualifikasi terbaik untuk pekerjaan itu. Jadilah spesifik dan termasuk contoh untuk mendukung pernyataan Anda. Cobalah untuk menunjukkan bahwa Anda memenuhi harapan mereka.

(contoh) Jawaban yang disarankan :
Saya tepat waktu, dapat diandalkan dan dapat diandalkan untuk menyelesaikan apa yang saya mulai. Saya mendapatkan banyak kepuasan dari mengetahui bahwa saya telah melakukan sesuatu dengan baik dan tepat waktu. Misalnya, di pekerjaan saya ini, saya diberi perintah kerja yang berbeda setiap hari. Itu tanggung jawab saya untuk menyelesaikan tugas tersebut dan memastikan semua standar kualitas tetap terjaga.

Pertanyaan :
Seberapa baik Anda bekerja di bawah tekanan atau tenggat waktu yang ketat?

Hal yang diperhatikan sebelum menjawab :
Pertanyaan ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang Anda lamar akan melibatkan bekerja di bawah tekanan. Berikan contoh relawan dan pekerjaan yang dibayar yang melibatkan tekanan dan tenggat waktu. Anda bisa menyebutkan bahwa kita selalu dihadapkan dengan tekanan dan tenggat waktu dalam kehidupan kita dan Anda tidak keberatan menghadapi stres. Situasi stres adalah pelelajaran dan pengalaman yang menantang.

(contoh) Jawaban yang disarankan :
  • Bagaimana Anda menangani pesanan rush (medadak) dalam jumlah besar di tempat kerja terakhir Anda.
  • Bagaimana Anda mempersiapkan untuk ujian dan pekerjaan rumah saat bekerja penuh waktu dan menghadiri sekolah paruh waktu.
Pertanyaan :
Apa tujuan jangka panjang atau rencana karir?

Hal yang diperhatikan sebelum menjawab :
Pewawancara mungkin ingin tahu apakah Anda ambisius, rencana ke depan, atau jika Anda menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Pewawancara mungkin juga ingin tahu apa harapan Anda terhadap perusahaan.

(contoh) Jawaban yang disarankan :
  • Saya berharap untuk menjadi sangat baik pada pekerjaan saya dan mungkin mengambil beberapa sekolah untuk menjadi lebih terampil dalam bidang saya bekerja.
  • Saya berniat untuk belajar (nama daerah atau keterampilan) sangat baik sehingga saya dapat dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi di (nama skill atau departemen).
Pertanyaan :
Apa lima kata yang menggambarkan tentang diri Anda?

Jawaban yang disarankan :
Jawaban yang Anda berikan haruslah yang besifat keterampilan contohnya (tidak terbatas)  handal, tepat waktu, terorganisir, ramah, jujur, kooperatif, pekerja keras, energik, bertanggung jawab, dihormati, berdedikasi.

Pertanyaan : 
Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?

Jawaban yang disarankan : 
Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada mereka (si pewawancara) bahwa Anda telah mengambil waktu untuk melakukan penelitian pada perusahaan mereka pada khususnya.

Pertyanyaan :
Apakah Anda memiliki keterampilan atau pengalaman lain yang kita tidak dibahas?

Jawaban yang disarankan :
Daftar keahlian lain yang Anda miliki yang terkait dengan posisi yang dilamar. Anda juga dapat mendiskusikan hobi atau pengalaman yang relevan yang Anda miliki dan mendiskusikan kepentingan kursus untuk peningkatan pendidikan yang Anda miliki.

Demikianlah artikel yang bisa saya bagaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel dengan judul Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menghadapi persaingan di dunia kerja.

Post a Comment

2 Comments

  1. Pertanyaanya terlalu kaku.
    Untuk sebagian orang yang sudah punya skill atau pengalaman kerja. Malah langsung bicara apa kelebihan anda. Misal.
    Apa anda bisa Autocad atau mengerti tentang managemen marketing. Perusahaan kami butuh org seperti ini. Kira2 anda punya kelebihan gak dibidang ini. Hanya itu aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar om apa yang anda bilang, tapi disini (Blog Nuzil) memfokuskan artikel dengan teman ini untuk para pendatang baru yang membutuhkan gambaran tentang pertanyaan saat wawancara kerja, bukan bagi mereka yang telah berpengalaman. Secara logika, jika telah berpengalam dalam dunia kerja tentu sangat sedikit kemungkinannya mencari informasi mengenai pertanyaan maupun contoh jawaban disaat interview.
      sebelumnya, saya ucapkan terimakasih atas informasi tambahannya.

      Delete

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Close Menu