Cara Sukses Melewati Tahapan Wawancara Kerja

banner iklan blog
beat job interview
Anda telah siap untuk mencari pekerjaan baru. Didalam status perekonomian yang sulit seperti saat ini, sulit untuk mendapatkan pekerjaan dan disana (lowongan kerja yang tersedia) selalu ada banyak saingan. Artikel ini mungkin bisa memperbesar peluang Anda untuk sukses (khususnya melewati tahapan wawancara kerja).

1. Ketahui dasar-dasarnya.  Didalam sebuah sesi wawancara kerja, hanya ada tiga pertanyaan utama yang ingin ditanyakan oleh si pewawancara, yaitu :
  • Apakah Anda cocok dengan pekerjaan ini ?
    • Sebelum melakukan wawancara, susunlah perancanaan yang matang terlebih dahulu mengenai bidang yang akan Anda lamar. Hal ini akan membantu Anda menutupi masalah yang paling krusial yang mungkin akan dibahas selama wawancara dan memberikan Anda kesempatan untuk memberikan jawaban terbaik.
  • Apakah Anda bisa melakukan pekerjaan ini ?
    • Pertanyaan mengenai hal ini dimaksudkan untuk menyelidiki latar belakang Anda. Hal ini dilakukan (oleh pewawancara) karena Anda tidak mungkin dipanggil untuk wawancara jika kualifikasi dan pengalaman diatas kertas tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kebanyakan pewawancara akan menghabiskan 15% dari seluruh pertanyaan mengenai hal ini.
  • Apakah Anda memenuhi kualifikasi untuk pekerjaan ini ?
    • Jika pekerjaan yang Anda lamar bersifat teknis, Anda mungkin akan diminta untuk menunjukkan kemampuan teknis Anda tersebut didalam wawancara. Hindari melakukan kecurangan ketika mengisi data-data pada CV, seperti memanipulasi nilai TOEFL. Jika perusahaan menemukan kecurangan di dalam CV Anda, maka kredibilitas Anda akan benar-benar rusak.
2. Datang ke lokasi 20 lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. Hal ini akan memastikan Anda tidak gugup dan memilki waktu bagi Anda untuk melakukan persiapan.

3. Segarkan pikiran Anda dan tersenyumlah !. 

4. Pergilah ke kamar kecil sebelum wawancara dimulai untuk memeriksa penapilan Anda dan/atau mencuci tangan Anda (jika berkeringat).

5. Jaga bau mulut. Bau mulut adalah hal sepele yang dapat menggagalkan peluang Anda untuk lolos dari tahap wawancara. Karena tidak ada pewawancara yang suka jika mewawancarai sesorang yang memiliki bau mulut apalagi jika sesi wawancara tersebut dilakukan di ruang tertutup.

6. Selalu pastikan bahwa rambut Anda tetata rapi dan dipotong sesuai dengan kondisi (profesional).

7. Pastikan Anda memiliki sifat positif. Gunakan kata-kata positif, seperti "YA", bukannya "TIDAK ADA"

8. Bicara tentang prestasi Anda ; bagaimana Anda terlibat dalam perkembangan perusahaan kedepannya, cara mengatasi masalah yang dihadapi, atau mengurangi biaya produksi dengan hasil kualitas yang sama. Hal ini diperlukan untuk menunjukkan kemampuan Anda kepada calon perusahaan.

9. Selalu mengatakan kebenaran.

10. Ambil catatan, tapi ingat, lakukan ini setelah mendapatkan izin terlebih dahulu dari pewawancara.

11. Tunjukkan keyakinan Anda (keyakinan yang dimaksud disini adalah bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi ini dan jangan malu untuk menunjukkan kemampuan Anda tersebut)

12. Jika ditanya, meminta contoh ketika Anda gagal dan bagaimana Anda mengatasinya. Jelaskan bahwa Anda tidak melihat hal tersebut sebagai sebuah kegagalan melainkan pengalaman untuk belajar.

Itulah tips tentang cara sukses melewati tahapan wawancara kerja yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Jika ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin diketahui jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui form kontak yang telah ada ataupun melalui kolom komentar.
Terima kasih atas kunjunganya.
banner iklan blog
Labels: How To, Interview

Terima kasih telah membaca artikel Cara Sukses Melewati Tahapan Wawancara Kerja. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Cara Sukses Melewati Tahapan Wawancara Kerja"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top