Kritikan Yang Bermanfaat

banner iklan blog
"Kamu ini, mau jadi apa kalau setiap hari bermalas-malasan seperti ini terus ? Mau jadi pecundang ?"
Nuzil Blog Community -  Kalimat di atas adalah sebagian kecil dari kalimat-kalimat yang sering kita dengar di saat seseorang hanya bermalas-malasan di dalam keseharian-nya. Sebuah kalimat yang terasa sangat kejam bahkan jika di dengar secara sekilas di ibaratkan sebagai sebuah pelecehan. Tapi, jika di cermati dengan saksama kalimat tersebut seperti sebuah kritikan yang mengandung makna yang sangat dalam. Sebuah kritikan di saat kita bermalas-malasan. Satu hal yang harus di perhatikan ketika akan mengkritik seseorang,baik itu perbuatan, tingkah laku, ataupun di saat diskusi hendaklah memberikan kritikan yang memotivasi. Hal ini dikarenakan kritikan adalah masukan yang bermanfaat jika di berikan pada saat yang tepat.

Tidak semua orang bisa menerima kritikan begitu juga sebaliknya, tidak semua orang bisa memberikan kritikan yang bermanfaat. Bahkan sebagian orang hanya bisa mengatakan "apa itu, kalau hanya seperti itu saya juga bisa,". Kalimat seperti ini jelas bukanlah tata cara memberikan kritikan yang bermanfaat. Ingat kritikan adalah masukan yang bermanfaat bagi yang menerimanya. Orang yang di kritik akan merasa bahwa yang ia lakukan masih memiliki kelemahan. Sehingga ia bisa memperbaiki kesalahan yang ada tersebut.

Apa benar kritikan adalah masukan yang bermanfaat ? Jika kalian tidak percaya, tanyakan kepada teman atau keluarga anda yang pernah/telah melewati tahap penyusunan skripsi di saat kuliah. Apakah skripsi yang mereka buat tersebut lantas langsung di terima oleh dosen-nya ? Jelas saja tidak, setiap memberikan pembaharuan mengenai perkembangan penulisan skripsi kepada dosen, di saat itu juga sang dosen akan memberikan kritikan tentang skripsi yang telah di buat. Kritikan yang diberikan tersebut jelas bukan untuk menjatuhkan semangat dan mental untuk menyelesaikan tugas tersebut, justru sebaliknya hal ini menjadi motivasi untuk menyelesaikan skripsi tersebut sebaik mungkin. Bayangkan jika di saat seperti itu sang dosen mengatakan "anda mau bikin skripsi atau bikin novel ? Materi yang seperti ini menunjukkan bahwa anda tidak siap untuk mengajukan penyusunan skripsi", kemungkinan besar kita akan langsung patah semangat untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Berikanlah kritikan yang membangun, jangan pernah memberikan kritikan yang menjatuhkan semangat seseorang. Kritikan yang membangun menjadi tonggak sebuah keberhasilan yang lebih baik. Kritikan adalah masukan yang bermanfaat bagi seseorang yang ingin menggapai sebuah keberhasilan.
banner iklan blog
Labels: Informasi, Pendidikan

Terima kasih telah membaca artikel Kritikan Yang Bermanfaat. Semoga bermanfaat

1 Comment for "Kritikan Yang Bermanfaat"

di pasang dimana gan,iklan google adsensenya

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top