Tips Untuk Presentasi

banner iklan blog
Nuzil Blog Community - Apakah anda akan mengikuti suatu kegiatan yang mengharuskan anda untuk melakukan presentasi ? Apakah anda gugup dan cemas ketika akan melakukan presentasi tersebut ? Ataukah anda berkeringat dingin ketika melakukan presentasi tersebut ? Jika jawaban anda adalah iya, maka ikutilah tips menghadapi presentasi berikut ini.

Gunakan alat perekam : Ketika akan berlatih presentasi sendiri, cobalah dengan menggunakan tape recorder ataupun HP untuk merekam presentasi yang anda lakukan tersebut. Setelah merekam semua bahan presentasi yang anda berikan, putar kembali rekaman tersebut. Kegiatan ini bertujuan agar anda bisa menjaga intonasi atau penekanan suara pada kosa kata tertentu.

Lakukan persiapan sedini mungkin : Jangan menunggu hingga detik-detik terakhir untuk mempersiapkan materi maupun kegiatan yang akan di lakukan pada presentasi tersebut. Lakukanlah ketika anda masih memiliki banyak waktu. Hal ini mengantisipasi jika seandainya bahan presentasi yang akan anda lakukan tersebut masih memiliki kekurangan sehingga masih memiliki waktu untuk memperbaikinya,

Siapkan "buku tangan" : maksudnya adalah persiapkanlah sebuah catatan kecil yang berisikan poin-poin penting dari presentasi yang anda lakukan. Hal ini akan sangat bermanfaat jika seandainya anda mengalami kebuntuan ketika melakukan presentasi serta tidak lari dari materi yang di berikan.

Persiapkan fisik sebelum memulai : kedengaran-nya simple sekali namun banyak orang yang melupakan persiapan yang satu ini. Meski begitu, ketika melakukan sebuah presentasi anda akan banyak berdiri yang tentunya membutuhkan banyak tenaga. Makan beberapa saat sebelum memulai presentasi memberikan energi yang cukup bagi tubuh dan juga pikiran anda saat di depan para peserta.

Minta bantuan teman : dalam konteks ini anda meminta bantuan kepada teman dekat anda untuk memberikan senyuman ketika anda kelihatan gugup. Senyuman dari teman tersebut akan mengembalikan emosi anda ke keadaan normal sehingga anda bisa melanjutkan presentasi seperti semula.

Itulah beberapa tips menghadapi presentasi semoga dengan tips ini bisa memberikan kelancaran bagi anda yang akan mempersiapkan diri untuk presentasi.

Salam.
banner iklan blog
Labels: Tips

Terima kasih telah membaca artikel Tips Untuk Presentasi. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Tips Untuk Presentasi"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top