Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Ampuh Agar Lulus Tes Psikotes

psikotes
Blog Nuzil - Saya akan berbagi pengalaman tentang cara bagaimana lulus tes psikotes saat melamar kerja. Saya pernah punya pengalaman saat tes psikotes, biasanya waktu yang ditentukan saat psikotes relatif singkat sehingga membuat saya jadi terburu-buru untuk mengerjakannya dan tidak konsen. Hasilnya, sudah bisa ditebak, saya tidak lulus.
Tujuan psikotes sendiri salah satunya yaitu untuk menggambarkan kepribadian diri seseorang. Hal ini dikaitkan ketika seseorang mencari pekerjaan, maka di adakanlah test psikotes yang bisa dijadikan salah satu tolak ukur untuk menilai kemampuan tertentu dalam sebuah pekerjaan seperti ketelitian, kreativitas dan sejenisnya. Untuk mengetahui cara agar lulus psikotes hal yang harus dipersiapkan antara lain: 
1. Belajar Sehari Sebelum Psikotes
Ada baiknya Anda belajar dahulu sebelum menghadapi psikotes. Idealnya Anda belajar sehari sebelumnya dan ulangi sekitar jam 5 pagi saat Anda ingin berangkat psikotes. Biasanya belajar di pagi hari, apa yang sudah dibaca dapat dengan mudah diingat. Pelajarilah soal yang sesuai dengan bagian pekerjaan yang sedang Anda lamar. Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar.

2. Sebelum Tes Psikotes Istirahat Yang Cukup
Saat Anda ingin menghadapi psikotes besok, ada baiknya Anda mengistirahatkan badan Anda dengan cukup. Karena jika badan terlalu lelah atau mengantuk saat psikotes, itu akan membuat performa dan konsentrasi Anda menurun saat psikotes.

3. Ketahui Tempat Psikotes
Sebelum Anda menghadapi psikotes, disarankan Anda sudah survey tempat psikotes sehari sebelumnya. Karena jika Anda sudah mengetahui tempat psikotes, Anda berangkat pun akan tenang dan akan membuat Anda tidak terburu-buru saat berangkat. Ingat, jangan sampai terlambat saat datang psikotes karena itu akan mengurangi point Anda di mata para HRD.

4. Dengarkan Baik-baik Penjelasan Pengawas
Dengarkan dengan baik arahan dari pengawas sehingga Anda tidak salah dalam mengerjakan soal psikotes, karena biasanya setiap soal yang Anda kerjakan penjelasannya berbeda. Dan jangan malu-malu untuk bertanya pada pengawas, tapi juga jangan terlalu banyak bertanya. "Malu bertanya sesat dijalan, banyak bertanya malu-maluin".

5. Dahulukan Mengisi Biodata Sebelum Psikotes
Semua lembar jawaban pada umumnya dimintai biodata. Isilah terlebih dahulu biodata Anda dan isi dengan benar, karena jika Anda sudah susah-susah mengerjakan psikotes tapi biodata Anda belum lengkap itu akan mempengaruhi poin ketelitian Anda di mata pengawas.

6. Jangan Menyontek Saat Psikotes
Kalau memang sulit saat mengerjakan psikotes usahakan Anda jangan menyontek, kerjakan dulu yang memang Anda ketahui. Jika Anda sedikit saja ketahuan menyontek, saya pastikan Anda akan di blacklist dan tidak akan lulus psikotes.

Saya menyarankan sebelum mengerjakan psikotes alangkah baiknya Anda rileks dan tenang, tidak lupa juga Anda berdoa. Karena itu juga salah satu kunci kesuksesan Anda. Cukup sekian tips cara ampuh menghadapi psikotes agar lulus, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu