Biografi Singkat Kevin Mitnick

banner iklan blog
Siapa yang tidak kenal dengan Kevin Mitnick, ia adalah legenda hidup hacker sekaligus cracker. Selain pernah menyadap blackberry presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Dia telah berpengalaman dalam sederet kasus di dunia komputer. Berikut adalah sebagian riwayat kehebohan yang pernah dilakukan oleh Mitnick.
  • 1981, Mitnick terbukti menghancurkan data melalui jaringan dan mencuri manual sebuah perusahaan telepon.
  • 1983, Mitnick terbukti menerobos Pentagon melalui ARPANET dari kampus University of Southern California.
  • Beberapa tahun kemudian, Mitnick menghilang setelah dituduh kembali menerobos dan mengubah sistem komputer.
  • 1987, Mitnick terbukti mencuri software Santa Cruz Operation (SCO).
  • 1988, Mitnick dituduh mencuri kode akses sambungan langsung jarak jauh setelah tertangkap mencoba menerobos dan mencuri sistem minikomputer Digital VAX/VMS.
  • Setelah 5 kali kasus di atas terjadi, isu Kevin Mitnick mulai menyebar dalam skala nasional Amerika. Mitnick menerima hukuman satu tahun penjara.
  • Setelah keluar dari penjara, Mitnick kemudian bekerja di Tel Tec Detective Agency. Segera setelah Mitnick bekerja, seseorang mencurigai pemakaian sistem database secara ilegal, kembali Mitnick menjadi subjek investigasi pihak FBI. Hakin federal memerintahkan penangkapan terhadap Mitnick, namun dia terlebih dahulu menghilang.
  • Sampai tahun 1994 Mitnick mengecoh kepolisian serta agen federal selama dua tahun, hingga diakhir tahun 1994 Tsutomu Shimomura berhasil melacak jejaknya dengan pengejaran panjang secara elektronik setelah Mitnick menerobos sistem komputer Shimomura di San Diego.
  • 1995, 15 Februari Mitnick ditangkap dan ditahan selama dua tahun tanpa jaminan dan pembelaan.
  • Kelompok 2600 : The Hacker Quarterly mulai melakukan aksi kampanye Free Kevin. Tidak hanya di Amerika, kelompok ini juga mengempanyekan gerakan tersebut ke seluruh dunia dan membentuk Hackers on Planet Earth (HOPE)
  • 2002, pada bulan Januari, Mitnick akhirnya dibebaskan dari tahanan dan selama setahun berikutnya ia dilarang bersinggungan dengan internet sampai 21 Januari 2003. Mitnick akhirnya muncul di internet pertama kalinya pasca kebebasannya tersebut di situs Labmistress, situs milik pacarnya.
kevin mitnick
Kisah Kevin Mitnick ini pada tahun 2000 diabadikan dalam sebuah film dengan judul lengkapnya : Take down : The Persuit and Capture of Kevin Mitnick, America's Most Wanted Computer Outlaw. Film lainnya yang mengisahkan tentang dunia hacker diantaranya adalah War Games (1983), Sneakers (1992), Hackers (1995), dan Antitrust (2001).
Kevin David Mitnick, begitu nama lengkapnya, merupakan legenda yang kerap membuat ulah dan membuat geram pihak FBI. Dia adalah salah satu hacker komputer yang paling kontroversi di akhir abad ke-20. Seorang kriminal komputer yang paling dicari di seantero Amerika. "The Most Wanted Hacker" itulah gelar paling terkenal yang ia dapatkan pada masa itu. Kehebohan awal yang dilakukan Mitnick adalah dengan membobol komputer sekolahnya. Ia memulai ulah dengan masuk ke komputer lainnya dan mendial-nya melalui komputer Radio Shack Tandy dan modemnya disebuah toko komputer. Setlah keberhasilannya memanfaatkan modem dalam menembus komputer lain, maka kemudian Mitnick lebih sering melakukan aktivitas phreaking, mengurai sistem jaringan telepon, sehingga didapatkan kelemahan dari sistem tersebut. Keisengan phreaking tersebut bermulai hanya dari sekadar ingin menelepon gratis hingga akhirnya mengisengi orang dengan mengubah status layanan telepon dan status pembayarannya.
Di tahun 1981, Mitnick terlibat langsung dalam meng-hack komputer COSMOS (Computer System Mainstream Operation) milik perusahaan telepon Pasific Bell di Los Angeles dan komputer tersebut merupakan pusat database telepon di Amerika, sehingga akibat dari ulahnya tersebut Mitnick untuk pertama kalinya merasakan udara di penjara pada usia 17 tahun. Mitnick ditahan selama tiga bulan dengan masa percobaan selama satu tahun, di Los Angeles Juvenille Detention Center.
Ditahun 1983, setelah bebas dari penjara anak, Mitnick kembali menjadi salah satu penghuni hotel prodeo tersebut karena menjebol sistem Pentagon, melalui ARPAnet dan kembali menghabiskan waktu selama enam bulan dipenjara anak Stockton, California.
banner iklan blog
Labels: Informasi, Teknologi

Terima kasih telah membaca artikel Biografi Singkat Kevin Mitnick. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Biografi Singkat Kevin Mitnick"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top