Tips Sukses Melewati Psikotes

banner iklan blog
psikotes
Banyak perusahaan mengharuskan Anda untuk mengambil (dan lulus) tes psikologis sebelum Anda dapat mulai bekerja. Ini adalah praktik umum di banyak profesi, tetapi masih bisa sangat meruntuhkan keberanian. Dalam rangka untuk lulus tes, ada banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu Anda sukses. Pertama dan terpenting, cobalah untuk tenang dan percaya diri. Ini juga penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat benar-benar gagal tes. Yang terburuk yang bisa terjadi adalah bahwa Anda menemukan bahwa Anda tidak tepat untuk pekerjaan itu.

1. Persiapan Sebelum Tes
* Pikirkan tentang persyaratan pekerjaan. Sebagai pasar kerja menjadi semakin kompetitif, proses perekrutan menjadi lebih kompleks. Semakin banyak perusahaan yang beralih ke penilaian psikologis (atau kepribadian) untuk menentukan apakah seseorang tepat untuk pekerjaan itu. Melakukan beberapa pemikiran serius tentang kualifikasi yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu yang memerlukan tes.
- Misalnya, jika Anda sedang mencari pekerjaan sebagai seorang eksekutif atau atas-manajemen, pewawancara akan ingin memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat dan merupakan komunikator yang sangat baik.
- Jika Anda melamar pekerjaan seperti seorang polisi, calon akan diharapkan untuk menunjukkan kemampuan untuk menangani tingkat stres yang tinggi.

* Pertimbangkan karakteristik pribadi Anda. ujian psikologis dasarnya penilaian kepribadian Anda. Pikirkan tentang mengapa Anda melamar pekerjaan ini. Hal ini mungkin karena Anda merasa bahwa Anda telah memenuhi syarat dan memiliki disposisi yang tepat untuk karir tertentu.
- Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan penjualan, Anda tahu bahwa sebagian dari penghasilan Anda akan dihasilkan oleh komisi. Oleh karena itu, Anda perlu sangat termotivasi. Apakah itu terdengar seperti Anda? Renungkan ciri-ciri kepribadian Anda sebelum tes. Ini akan membantu Anda siap untuk merumuskan jawaban yang sesuai peran.
- Sangat penting bahwa Anda menjadi diri sendiri ketika menjawab pertanyaan. Tapi Anda juga harus ingat bahwa Anda sedang dievaluasi. Misalnya, jika Anda ditanya, "Jika Anda tahu Anda tidak akan tertangkap, akan Anda mencuri dari perusahaan?", Anda harus menjawab "Tidak." Bahkan jika Anda tahu bahwa Anda mungkin mempertimbangkan mencuri, itu bukan sesuatu yang Anda akan ingin mengatakan.

2. Ketika Tes Berlangsung
* Ayo siap. Gunakan akal sehat profesional Anda. Datang tepat waktu. Pastikan untuk membawa bahan-bahan yang diminta. Jadwal hari Anda sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk ujian. Ini akan membantu Anda menghindari menjadi bingung jika proses berjalan lama.
Pastikan untuk makan makanan ringan dan seimbang sebelum tes. Menjadi lapar dapat mempengaruhi kepribadian Anda
* Tinggal dalam mode wawancara. Ingat, ini bukan hanya Anda jawaban yang sedang dievaluasi. persona keseluruhan Anda juga sedang dipertimbangkan. Pengujian merupakan bagian dari proses wawancara, jadi pastikan bahwa Anda tetap profesional dan percaya diri sepanjang seluruh proses.
Jika Anda menjadi bingung, mengambil beberapa detik untuk mengumpulkan pikiran Anda. Anda juga dapat melangkah keluar sejenak dengan alasan menggunakan toilet. Ini akan memungkinkan Anda waktu untuk mengambil beberapa napas dalam-dalam dan mengumpulkan sendiri.
* Jujur. Jangan mencoba untuk menggambarkan diri Anda sebagai orang lain selain diri Anda. Pertama-tama, ketidakjujuran kemungkinan akan tercermin dalam jawaban Anda. Ini tidak akan terlihat sebagai aset untuk pekerjaan apa pun. Kedua, Anda tidak ingin memberikan majikan harapan palsu karakter Anda. Setiap informasi palsu kemungkinan akan terungkap setelah Anda mulai pekerjaan.
Ingat bahwa tes ini tidak berisi jawaban benar atau salah. Tidak ada manfaat untuk menjadi tidak jujur.

3. Memahami Tujuan Pelaksanaan Tes Psikologi
* Berpikir seperti Manejer. Manejer tidak memaksa Anda untuk menjalani tes kepribadian hanya untuk kesenangan mereka. Tujuan dari tes ini untuk membantu mereka membuat keputusan perekrutan yang paling efektif. Perusahaan memanfaatkan hasil tes untuk membantu mereka memutuskan apakah Anda memiliki spesifikasi yang tepat untuk posisi itu.
Cobalah untuk melihat tes sebagai sesuatu yang dapat menguntungkan Anda, bukan hanya Manejer. Anda dapat melihat hal itu sebagai cara terbaik untuk menentukan apakah ini adalah pekerjaan di mana Anda dapat mencapai potensi penuh Anda.
* Memahami validitas. Perlu diingat bahwa psikologi adalah bukan ilmu pasti. Oleh karena itu, hasil dari setiap ujian psikologis tidak pernah 100% terpercaya. Anda harus tahu bahwa perusahaan akan menggunakan hasil sebagai salah satu dari banyak faktor dalam proses perekrutan.
banner iklan blog
Labels: Psikotes

Terima kasih telah membaca artikel Tips Sukses Melewati Psikotes. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Tips Sukses Melewati Psikotes"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top