Langkah Mudah Membeli Motherboard

banner iklan blog
contoh gambar motherboard
Memilih motherboard terbaik adalah hal yang penting karena komponen inilah yang memegang peran utama di komputer Anda. Prosesor, memori, graphics card, dan beragam periphera komputer lainnya tertancap di motherboard. Motherboar dapat digambarkan sebagai jalan raya penghubung agar setiap komponen yang tertancap di atasnya dapat saling berkomunikasi. Setiap byte data yang diolah akan lalu-lalang di jalan tersebut sebelum akhirnya sampai kepada Anda. Bayangkan bagaimana sibuknya jalan raya tersebut saat semua sistem sedang berjalan bersama.
Oleh karena itulah makanya Anda harus jeli ketika Akan membeli sebuah perangkat komputer. Perhatikan dengan teliti informasi mengenai motherboardnya terlebih dahulu sebelum mencek komponen lainnya. Karena tidak sedikit dari pengguna komputer ketika akan membeli lebih tertarik dengan processor yang digunakan ketimbang info mengenai motherboardnya. Sebagai bahan pertimbangan, Anda mungkin bisa mengikuti langkah mudah membeli motherboard berikut ini.

1. Tentukan prosesor yang akan digunakan

Sebelum membeli motherboard, tentukan terlebih dahulu, apakah Anda masih akan menggunakan prosesor lama? Jika masih ingin menggunakan prosesor lama, pastikan motherboard yang akan Anda beli mendukung prosesor lama tersebut. Namun, jika ingin menggunakan prosesor terbaru, Anda dapat memilih antara prosesor AMD atau Intel

2. Pilih chipset-nya

 Jika memilih prosesor AMD, pilihan chipset tertuju pada AMD dan NVIDIA. Namun, apabila memilih prosesor Interl, pilihan chipsetnya adalah Intel. Varian chipset tersebut tergolong cukup banyak. Anda dapat mulai memilih berdasarkan feature yang ditawarkan kemudian mempertimbangkan harganya.

3.Buat daftar feature yang diinginkan
Dibandingkan motherboard beberapa tahun yang lalu. motherboard saat ini telah menyertakan beragam feature di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah Firewire, HD Audio, eSTATA, Gigabit LAN, dan sebagainya. Feature yang ditanamkan membuat user dapat lebih berhemat karena tidak perlu membeli hardware tambahan. Jadi, tentukan feature yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan.

4.RTFM (Read The Free Manual)

Setelah menentukan motherboard yang akan dibeli, tidak ada salahnya mengunjungi website produk motherboard tersebut dan mendownload manual yang tersedia. Hampir semua produsen motherboard menyediakan download gratis untuk manual motherboard dalam format PDF. Biasanya, manual motherboard akan menjelaskan feature dan batasan yang tersedia di motherboard tersebut.

5. Cari masukan dari berbagai sumber

Motherboard yang telah beredar bebebrapa bulan di pasaran biasanya telah di-review atau sudah pernah digunakan oleh beberapa user. Kunjungilah website terpercaya yang telah menyediakan review motherboad yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi forum untuk menyimak pendapat user lain mengenai motherboard pilihan Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan saat motherboard tersebut digunakn sehari-hari.

6. Belilah revisi terbaru
Produsen motherboard biasanya selalu merevisi motherboad ke versi lebih baru. Terkadang, satu produk motherboard mengalami beberapa revisi. Revisi terbaru biasanya akan memperbaiki bug yang ada di revisi sebelmunya. Untuk mengetahui revisi motherboard, Anda dapat melihatnya di PCB motherboard. Produsen biasanya menuliskan revisi tersebut di salah satu bagian PCB motherboard.

Picture from : en.wikipedia.org
banner iklan blog
Labels: Hardware, Komputer, Teknologi

Terima kasih telah membaca artikel Langkah Mudah Membeli Motherboard. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Langkah Mudah Membeli Motherboard"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top