Tampil Mengesankan Saat Wawancara Internal

banner iklan blog
Blog Nuzil - Apakah Anda berpikir melakukan lompatan karier dalam perusahaan, atau mengincar posisi di bagian tertentu selama berbulan-bulan? Anda mungkin harus menjalani wawancara internal untuk mendapatkan posisi incaran itu.

Wawancara jenis ini seharusnya tidak seberat wawancara lain. Tetapi sebenarnya, jauh lebih sulit. Meski orang-orang di sekitar Anda sudah tidak asing lagi, Anda tidak boleh lengah karena itu adalah posisi baru dan Anda sedang dievaluasi bersama dengan para kandidat lain.

Menjadi kandidat internal dapat menjadi sebuah keuntungan besar jika Anda melakukan pendekatan yang tepat. Berikut ada beberapa cara untuk menyiapkan wawancara internal yang bisa membantu Anda meraih posisi yang Anda inginkan.

Ikuti prosedur
Lakukan dengan berurutan. Sebelum Anda mempertimbangkan untuk mengisi posisi baru, pastikan Anda telah membicarakan keputusan Anda dengan manajer saat ini. Mengapa? Tentu saja, karena Anda ingin agar atasan Anda mendengar perkataan itu langsung dari Anda, bukan dari orang lain. Ingatlah, bahwa saat Anda mendapatkan posisi itu atau tidak, Anda masih berada di perusahaan yang sama. Dan hal terakhir yang Anda lakukan adalah tidak membuat masalah terhadap pemimpin di bagian mana pun.

Mencari informasi
Salah satu keuntungan dari wawancara dengan tempat kerja Anda saat ini adalah Anda memiliki akses mudah terhadap berbagai informasi dari orang dalam — siapa yang akan mewawancarai Anda? Siapa tim yang bergabung dengan Anda? Apa tolok ukur posisi tersebut?

Manfaatkanlah informasi semaksimal mungkin. Begitu Anda dinyatakan lolos sebagi kandidat, mulailah menghubungi rekan-rekan yang bisa membantu dan memberikan gambaran. Mintalah masukan jujur dari teman yang dapat dipercaya. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengalahkan para kandidat dari luar perusahaan.

Mempersiapkan diri
Bersikaplah tenang dan menjadi profesional. Ini berarti, lakukan persiapan penuh untuk menjawab berbagai pertanyaan sulit dan tunjukkan bahwa Anda adalah orang tepat untuk posisi tersebut (selain kenyataan bahwa Anda mengetahui seluk-beluk perusahaan). Juga, jangan pernah beranggapan bahwa orang-orang akrab dengan pekerjaan dan pencapaian Anda, bahkan jika Anda telah berada di posisi itu cukup lama. Bawa riwayat pekerjaan Anda, contoh pekerjaan dan daftar referensi internal yang bisa menunjukkan kredibilitas Anda.

Anda juga harus siap untuk mengungkapkan pengalaman Anda sebelumnya di luar perusahaan. Tetu saja, mereka mengetahui Anda, namun mereka belum tentu tahu atau mengingat hal-hal apa saja yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Berbusana dengan tepat
Tentu saja busana wawancara menjadi hal yang penting. Berbusana dalam wawancara menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda benar-benar menganggap proses wawancara tersebut dengan serius dan Anda memahami jabatan baru yang Anda incar. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah memberi kesan adalah ini “hari biasa” atau Anda layak mendapatkan posisi tersebut tanpa perlu melakukan usaha keras. Jadi meski dalam pekerjaan Anda bisa mengenakan busana kasual atau resmi, pilihlah busana yang pantas saat hari wawancara.

Tanggapan
Anda mungkin telah diwawancara oleh orang yang sering Anda lihat, namun tidak masalah jika Anda ingin menyampaikan ucapan terima kasih. Itu adalah kesempatan untuk menegaskan minat Anda dalam posisi tersebut dan menyampaikan terima kasih atas waktu mereka. Secara pribadi, saya adalah orang yang suka mengirimkan ucapan yang ditulis tangan. Hal itu memang sedikit menghabiskan waktu, namun itu menambah kesan pribadi dan menambah tingkat profesionalisme yang jarang dijumpai di email.

Yang terpenting, ketika melakukan persiapan dalam sebuah wawancara internal, sebaikanya Anda melakukan profesionalisme yang sama dengan wawancara yang layaknya Anda lakukan sebagai orang luar, meski Anda memiliki keuntungan karena sebenarnya Anda telah bekerja di sana. Lakukan persiapan dengan matang dan tidak terburu-buru, dan persiapkan hal yang ingin diketahui oleh orang yang akan mewawancarai Anda, maka Anda siap untuk membuat mereka terkesan!
banner iklan blog
Labels: How To, Interview

Terima kasih telah membaca artikel Tampil Mengesankan Saat Wawancara Internal. Semoga bermanfaat

0 Comment for "Tampil Mengesankan Saat Wawancara Internal"

Terimakasih telah mengunjungi Blog Nuzil.
Semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat.

Back To Top